Monday, May 07, 2012

Catgut Embedded, Lawan Obesitas

Akupunktur seringkali dijadikan solusi memperoleh tubuh ideal. Ada jenis baru akupunktur yang sebenarnya lama namun menjadi booming akhir-akhir ini. Yakni, akupunktur tanam benang alias catgut embedded.
Tanam benang merupakan pengembangan akupunktur konvensional atau tradisional di mana dilakukan implan sepotong benang khusus, dan dimasukkan ke dalam jaringan di bawah kulit pada titik-titik akupunktur.
“Ada kelebihan akupunktur tanam benang dibandingkan akupunktur konvesional. Karena akupunktur tanam benang merupakan implant, jadi lebih tahan lama efek stimulasi yang dihasilkan. Benang yang ditanam akan tertinggal dan menstimulasi titik-titik akupunktur secara terus menerus hingga akhirnya habis diserap tubuh,” kata dokter ahli Mignon Esthetic Clinic dr Shelly SC, baru-baru ini.
Pada akupunktur tanam benang tersebut, media yang dipergunakan adalah benang sebagai media perantaran. Benang yang ditanam merupakan benang yang bisa diserap tubuh yang biasa digunakan dalam tindakan bedah. Biasanya yang digunakan adalah catgut.
Metode tanam benang ini juga banyak dicobakan pada mereka yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Hasilnya, dilihat dari tingkat keberhasilan teknik tanam benang ini sangat tinggi.
“Seringkali ketidak-berhasilan program, karena pasien tidak mengikuti diet yang disarankan dalam mempertahankan berat badan idealnya. Untuk menjaga berat badan, memang tidak hanya mengandalkan tanam benang saja, tetapi melakukan diet,” imbuh dr Shelly SC.
Pasien diharapkan tetap mengontrol pola makan dan mengubah kebiasaan makan yang kurang baik. Seperti makan makanan berlemak, gorengan, makanan manis, santan, keripik, fast food, dan makanan serta minuman berkalori tinggi.
Selain itu, disarankan mengurangi karbohidrat seperti nasi, kentang goreng, manisan, gula, tepung, dan hasil olahan sehingga bisa mempertahankan berat ideal.(ila/hes)

No comments: