Tuesday, May 29, 2012

Sajuri Tak Salahkan Amar; Persiba Tergelincir ke Posisi tujuh

MALANG- Bermain dengan penjaga gawang ketiga Persiba Bantul keok di Malang. Menghadapi Persema Malang di Stadion dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL) tadi malam (28/5), Laskar Sultan Agung takluk dengan skor telak 0-3. Tiga gol Laskar Ken Arok tercipta di babak pertama.
Kekalahan ini membuat Persiba terlempar dari papan atas. Kini mereka terdampar di posisi ketujuh dengan 25 poin dari 16 laga. Atau tertinggal sembilan angka dari pemuncak klasemen Semen Padang yang sudah melakoni 17 laga. Namun pelatih Persiba Sajuri Said masih optimistis timnya mampu mengakhiri kompetisi di papan atas.’’Syukur-syukur kalau bisa juara. Laga IPL berikutnya kami akan bersua Persibo di kandang. Jelas harapan menang sangat besar,” tuturnya.
Agus Marwanto (Amar) yang didapuk menjadi penjaga gawang akibat absennya Wahyu Tri Nugroho dan Andi Setyawan gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ya, semua berawal pada menit ke-16 ketika dia tak kuasa menahan tendangan keras Ngon Mamoun. Menit ke-30, gawang Amar bobol lagi. Umpan Ngon Mamoun mampu diterima Reza Mustofa yang tak terkawal. Pemain bernomor punggung 50 ini dengan mudah menaklukkan Amar.
Dua gol ini memang terasa cukup wajar sebab situasi Mamoun dan Reza yang tak terkawal membuat Amar kesulitan membendung bola untuk masuk. Namun, gol ketiga benar-benar murni kesalahan penjaga gawang binaan PS Melati Muda ini. Pada menit ke 35, bola yang berasal dari sebuah tendangan sudut seharusnya dengan mudah dapat dijinakkan Amar. Sayang bola itu lepas dan diterima Kim Jeffrey Kurniawan. Pemain belasteran jerman ini akhirnya dengan mudah menceploskan bola dan merubah kedudukan menjadi 3-0. Kedudukan ini sendiri tidak berubah hingga akhir laga.
Pelatih Persiba Sajuri Said mengaku sangat kecewa dengan kekalahan ini. Namun ia menolak menyalahkan Amar. Sebab dua gol pertama bukan semata salah Amar melainkan juga akibat miss-koordinasi lini belakang The Reds. Selain itu, katanya ini adalah akibat jarang dimainkannya Amar di kompetisi IPL musim ini.
’’Jangan salahkan Agus Marwanto. Wajar saja dia tampil kurang baik sebab ini adalah debutnya di kompetisi IPL. Mentalnya jelas belum jadi. Apalagi lini belakang tadi juga tampil tak begitu baik,” ungkap Sajuri saat dihubungi Radar Jogja kemarin.
Sajuri sendiri mengatakan salah komunikasi yang sering dilakukan dua gelandangnya Arwin dan Kim Yong Han menjadi biang keladi kekalahan. Dalam pertandingan ini memang terlihat sekali kedua pemain ini kurang sabar. Saat pemain lawan membawa bola, kedua pemain ini seringkali mengeroyok padahal situasi tidak mengharuskan mereka melakukan itu.
’’Nah inilah parahnya. Selain itu para pemain yang beberapa waktu dipanggil timnas di Turnamen Al-Nakbah maupun yang diturunkan saat lawan Inter Milan kondisi fisiknya kurang baik. Saya juga merasa kehilangan Ezequeil Gonzales, Tanpanya dua pertandingan terakhir lini tengah kehilangan irama. (nes/din)

No comments: